June 20, 2024

Bandarlampung, SMPIT PERMATA BUNDA IBS sukses melaksanakan khatam Al-Qur’an pada Senin pagi, 1 Agustus 2022, di lapangan raya SMPIT PERMATA BUNDA IBS. Khataman Al-Qur’an diikuti oleh seluruh peserta didik, guru, serta karyawan.

Teknis pelaksanaannya adalah sebagai berikut, setiap kelas wajib membaca 2 sampai 3 juz. Kemudian dibagi rata ke seluruh peserta didik di kelas. Sehingga setiap peserta didik mendapatkan kesempatan untuk membaca Al-Qur’an sebanyak 2 lembar atau 4 halaman.

Kegiatan ini berlangsung lancar dan tertib. Khatam Al-Qur’an sukses dilaksanakan dalam waktu kurang dari 30 menit. Rencananya khatam Al-Qur’an ini akan dilaksanakan selama satu pekan, agar ruh cinta Al-Qur’an bisa menyatu dalam diri setiap peserta didik dan juga para guru di lingkungan SMPIT PERMATA BUNDA IBS.

Secara keseluruhan pelaksanaan MPLS sangat memberikan pengaruh positif bagi peserta didik.
“Dampak yang sangat terlihat selama dua pekan ini, anak-anak lebih terasa kebersamaannya. Kedekatan antara kelas 7, 8, dan 9 sudah baik. Selain itu, MPLS pekan pertama tentang Budaya Ramah di sekolah memberikan perubahan yang signifikan. Penerapan 5S (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun) juga sudah berjalan.” Ucap Dian Eka Sari, S. Pd. Gr., saat ditemui di ruang kerjanya.

Sedangkan menurut Galin Abdi Muhammad, dalam materinya tentang motivasi membaca Al-Qur’an, “Al-Qur’an merupakan hidangan untuk ruh. Agar senantiasa bisa melaksanakan tugas dengan baik, ruh harus senantiasa mendapatkan asupan hidangan yang baik pula, yaitu dengan membaca Al-Qur’an.”

Oleh karena itu, kegiatan khataman Al-Qur’an ini sangat sesuai untuk mencapai tujuan tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *